Utamakan Keselamatan, PT CPI Bersihkan Area di Sekitar Jaringan Pipa Migas 

Utamakan Keselamatan, PT CPI Bersihkan Area di Sekitar Jaringan Pipa Migas 
Foto bersama usai kegiatan

UJUNG TANJUNG (RIAUSKY.COM) - PT Chevron Pacific Indonesia (CPI) untuk mengutamakan keselamatan terhadap manusia dan lingkungan, perusahaan di bidang minyak dan gas tersebut membersihkan area disekitar jaringan pipa Migas. 

Hal tersebut disampaikan Wahyu Budiarto kepada awak media pada Jumat 23 November 2018 dalam pertemuan di Hotel Bit Ujung Tanjung.

Dijelas Wahyu, bahwa perlindungan terhadap manusia dan lingkungan merupakan nilai yang dianut PT Chevron Pacific Indonesia (PT. CPI) dalam menjalankan operasinya. 

Salah satu wujudnya adalah program perawatan dan perbaikan pipa penyalur migas yang dijalankan di Kecamatan Tanah Putih dan Bangko Pusako, Kabupaten Rokan Hilir. 

Langkah proaktif ini bertujuan meminimalisasi risiko terhadap keselamatan masyarakat dan perlindungan lingkungan di sekitar jaringan pipa migas. 

"Kami sangat menghargai dukungan dan kerja sama yang telah ditunjukkan aparat pemerintah dan masyarakat setempat," ungkap Wahyu Budiarto selaku Sr.VP Policy, Government and Public Affairs (PGPA) PT. CPI.

Berdasarkan hasil inspeksi terakhir dan kajian tim teknis internal PT CPI, sekitar 25 titik di Kecamatan Tanah Putih dan Bangko Pusako memerlukan perawatan dan perbaikan segera. 

PT CPI, selaku Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia, telah berkomunikasi dengan sejumlah pemilik bangunan dan berkoordinasi dengan instansi yang berwenang untuk menertibkan bangunan semi-permanen yang berdiri di dekat pipa penyalur migas.

Saat ini terdapat bangunan dan perlintasan kendaraan tak resmi yang dibuat dengan cara menimbun pipa tanpa memperhatikan faktor keselamatan dan kondisi pipa terdekat. 

"Kalau pipa terus-menerus dilindas kendaraan, ini sangat berisiko bagi masyarakat dan lingkungan sekitar," jelas Budi, sapaan karib Wahyu Budiarto. 

Pada beberapa kejadian, pipa migas terkoyak akibat dilindas atau ditabrak kendaraan berat.

Ditambah Suparni, di dalam perawatan dan perbaikan pipa, pekerjaan yang dilakukan di antaranya pengecekan kondisi, pemasangan selubung untuk memperkuat kondisi pipa, dan pembersihan area sekitar jaringan pipa. 

"Kerja sama dari pihak-pihak terkait akan mendukung penyelesaian pekerjaan secara lancar dan selamat. Pekerjaan di titik-titik yang telah diidentifikasi telah dimulai pada akhir Oktober lalu dan diharapkan selesai akhir tahun ini," tutur Suparni selaku Manager Comprehensive Pipeline Maintenance Business Support PT CPI. 

Keberadaan dan kelancaran operasi migas memberikan kontribusi penerimaan keuangan daerah-daerah penghasil migas melalui mekanisme Dana Bagi Hasil. Sinergi dari PT CPI, pemerintah daerah, dan masyarakat sangat diharapkan untuk dapat meningkatkan investasi hulu migas dan menjaga iklim usaha tetap positif.

PT CPI merupakan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) dari Pemerintah Indonesia yang mengoperasikan Blok Rokan di Riau. Dalam mengoperasikan blok migas, PT CPI bekerja di bawah pengawasan dan pengendalian SKK Migas. 

Dengan inovasi dan komitmen karyawan yang sangat terampil dan berdedikasi, PT. CPI menjadi salah satu produsen minyak mentah terbesar di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan energi dalam menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Informasi lebih lanjut mengenai operasi PT CPI di Indonesia dapat diakses melalui www.indonesia.chevron.com. (R15)

Listrik Indonesia

Berita Lainnya

Index